Mulai Semua Kegiatan Dengan Basmallah...!

Selasa, 22 Januari 2013

Pengembangan Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI

"Di bawakan waktu Presentasi Pengembangan Pembelajaran Aqidah, mata kuliah Aqidah 1 dan Pembelajarannya"

Dalam pembuatan scenario belajar, setiap guru harus memperhatikan beberap hal. Salah satunya adalah model pendekatan sistem belajar yang digunakan, karena model pendekatan itulah yang nantinya akan menjadi patokan untuk menentukan strategi belajar apa yang digunakan. Terlebih untuk mata pelajaran Aqidah Akhlak, perlu untuk memikirkan dengan matang model pendekatan apa yang kelak akan digunakan.
Maka dari itu, disini akan sedikit diuraikan model pengembangan Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI berdasarkan beberapa model pendekatan sebagai acuannya.

Makalah Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak MI

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada dasarnya merupakan pemilihan dan penetapan srategi pembelajaran yang optimal guna mencapai perolehan belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam kaitan ini, strategi penyampaian pembelajaran yang tetap merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.
Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai asma’ul husna, serta penciptaan suasana keteladanan dan pembiasaan dalam mengamalkan akhlak terpuji dan adab islami melalui pemberian contoh-contoh perilaku dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 
Dengan demikian, materi pendidikan Aqidah Akhlak bukan hanya mengajarkan pengetahuan tentang agama, akan tetapi bagaimana membentuk kepribadian siswa agar memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat dan kehidupanya dihiasi dengan akhlak yang mulia dimanapun mereka berada.